Tentang Kami

Pustakaham.id merupakan sebuah konsorsium antar perpustakaan lembaga masyarakat yang bergerak di bidang penyebaran dan penguatan HAM (Hak Asasi Manusia) di Indonesia. Melalui Pustakaham.id, masyarakat akan dengan mudah mendapatkan koleksi perpustakaan yang berkaitan dengan hak asasi manusia yang mereka butuhkan.

PustakaHAM.id bertujuan:

  1. Membangun Pengetahuan Bersama berbasis pengembangan jaringan (Berjejaring) keragaman,
  2. Memiliki kesamaan ISU untuk berbagi pengetahuan dibidang HAM,
  3. Mengembangkan sebuah suatu penelusuran informasi dengan konsep layanan satu pintu untuk berbagi pengetahuan, yang dibangun dan dikembangkan, serta dimiliki dan dirawat bersama-sama antar lembaga, dengan tetap menjaga independensi dari masing–masing perpustakaan / pusat dokumentasi informasi di setiap lembaga,
  4. Efisiensi waktu, tempat dan jarak  user dalam mendapatkan informasi/ pengetahuan.

Pustakaham.id adalah portal bersama berbasis katalog perpustakaan SLIMS Senayan untuk mengakses sumber koleksi informasi dan pengetahuan yang dimiliki oleh setiap anggota yang bergabung didalam pustakaham.id.

Pustakaham.id memberikan keleluasaan kepada setiap lembaga untuk mengelola informsi, pengetahuannya secara independen.

Setiap lembaga/ institusi/ organisasi  hanya ber-fokus pada pengembangan mengelola informasi, pengetahuannya, perpustakaan dengan memanfaatkan online katalog perpustakaan berbasis Slims Senayan.

Terbentuknya pustakaham.id ini dimulai dari pertemuan beberapa lembaga yang memang mengelola perpustakaan, diantaranya: Komnas Perempuan, Daniel S. Lev, Komnas HAM, ELSAM, dan LBH Jakarta. Pertemuan jaringan perpustakaan pertama kali diadakan pada bulan Oktober 2014, sejaligus pada tahun tersebut pustakaham.id dikembangkan di Jakarta dengan melibatkan 10 anggota. Peresmiannya terjadi pada bulan Desember 2014. Pada tahun 2015 sampai dengan 2017 ini akan berusaha dikembangkan dibeberapa daerah.

Ide dan gagasan oleh beberapa mitra untuk membentuk pustakaham.id muncul karena ingin menggunakan satu aplikasi buatan anak bangsa, yaitu SLIMS Senayan. Dengan sebuah itikad mendapatkan sebuah solusi untuk kepentingan pengembangan pengetahuan publik untuk bisa mengakses informasi / pengetahuan dengan mudah.

Pustakaham.id ini berada di dunia maya, dimana berfungsi sebagai sebuah sistem penelusuran / pencarian informasi / pengetahuan, yang berfondasi  pada sistem perpustakaan dari masing-masing lembaga yang bergabung didalamnya. Poin utama yang terpenting adalah, setiap lembaga tetap berfokus pada pengembangan perpustakaan / pusdok-nya masing-masing.

Hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pustakaham.id adalah

  1. Menyediakan pelatihan yang terkait dengan pengelolaan perpustakaan / pengetahuan di setiap lembaga,
  2. Komunikasi jaringan terbangun untuk berbagi informasi terbaru disesama anggota jaringan dengan sering berkumpul untuk diskusi rapat,
  3. Aplikasi SLIMS Senayan cukup mudah digunakan (user friendly) oleh orang yang bukan berlatar belakang ilmu perpustakaan, serta aplikasi ini mempunyai fitur – fitur yang sudah sangat lengkap dan bisa dikembangkan menjadi basis perpustakaan digital.

Saat ini anggota kemitraan yang sudah tergabung telah berjumlah 19 lembaga, diantaranya:

  1. Perpustakaan Komnas Perempuan,
  2. Perpustakaan Daniel S. Lev,
  3. Perpustakaan Komnas HAM,
  4. Perpustakaan ELSAM,
  5. Perpustakaan LBH Jakarta,
  6. Perpustakaan IKA (Indonesia Untuk Kemanusiaan),
  7. Perpustakaan PULIH,
  8. Perpustakaan Migrant Care,
  9. Perpustakaan WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia),
  10. Perpustakaan MAMPU,
  11. Perpustakaan Seknas PEKKA,
  12. Perpustakaan PERLUDEM (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi),
  13. Perpustakaan RIFKA ANNISA,
  14. Perpustakaan LRC-KJHAM,
  15. Perpustakaan SAVYAMIRA,
  16. Perpustakaan Institut KAPAL Perempuan,
  17. Perpustakaan SpekHam Solo,
  18. Perpustakaan UPIPA Wonosobo,
  19. Perpustakaan Sahabat Perempuan Magelang.

Semoga sumbangsih dari kerja kami ini, mampu meningkatkan pemahaman dan perlindungan hak asasi manusia (HAM) bagi masyarakat Indonesia khususnya, demi kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

DIDUKUNG OLEH